Laman

Senin, 02 Mei 2011

Sejarah Pocari Sweat (Alur Cerita) Part 1

Tahukah Kamu?? Pasti Belum!
1. Ide Pocari Sweat lahir dari cairan Infus.
2. Ide awal
Pocari Sweat sebelumnya pernah ditolak oleh Presdir Generasi ke-3 Otsuka Group LTD.
3. Konsumsi air dan gizi yang cukup sangat diperlukan saat kita sakit atau akan terkena Dehidrasi.




Hidupkan Mp3 Player untuk menemani anda membaca Posting History of Pocari Sweat, Selamat Membaca!





Tahun 1973, di Pabrik Otsuka Pharmaceutical - Tokushima, Jepang. Kumpulan Cara dan trik







Hari dimana Cucu dari pendiri Otsuka Group yang saat itu menjabat sebagai Kepala Pabrik Tokushima, Akhiko Otsuka (AO-35 tahun) melihat langsung proses produksi perusahaannya.








Ayah Akhiko (AO), Masahito Otsuka, Presdir Direktur Otsuka Pharmaceutical Generasi Ke-2 adalah sosok pemimpin yang kharismatik dan telah menciptakan berbagai produk terkenal seperti Obat oles Oronamin H atau Minuman Oronamin C, sehingga perusahaan sangat maju.

Hal ini memotivasi Presdir Otsuka Generasi ke-3 Mr. Akhiko Otsuka untuk menciptakan produk unggulan yang bisa menjadi pilar perusahaan di masa kepemimpinannya dengan tangannya sendiri.





        "Walaupun tidak dibuat dalam hukum tertulis, seorang pemimpin di tiap  generasi Otsuka merasa memiliki tanggung jawab untuk menciptakan hal yang baru. Tidak selalu menjadi "pengekor" generasi pendahulunya, tapi juga mulai berpikir untuk menciptakan "ekor-ekor" (produk) lainnya."


Entah itu pagi, siang, atau sore, yang jelas saat jam kerja. Rokuro Harima (RH-44 tahun) yang saat itu menjabat sebagai Penanggungjawab Pengembangan Minuman dan menangani tentang rasa Oronamin C saat itu (Punya julukan si "Ahli Rasa") datang ke ruangan Presdir Otsuka Group LTD Generasi Ke-3 Akhiko Otsuka, lalu menyerahkan salah satu produk Otsuka lainnya yaitu Cairan Infus dan memberi saran untuk membuat Cairan itu menjadi minuman.

Hal ini membuat Presdir bertanya-tanya tentang alasan seorang "Ahli Rasa" memberi pertimbangan yang begitu aneh, Minuman cairan infus?



Ide aneh ini berdasarkan pengalamannya di Mexico untuk survei buah-buahan tropis dalam rangka pengembangan produk baru tetapi saat itu terpaksa dilarikan ke salah satu Rumah Sakit yang fasilitasnya tidak memadai karena terserang Diare yang sakitnya luar biasa. Dokter dirumah sakit tersebut memberikan 3 butir obat dan air soda dan bukannya air minum. Mr. Halima bertanya mengapa menggunakan air soda? lalu dokter menjelaskan bahwa kondisi sanitasi air di Mexico saat itu cukup buruk.

"Kalau saja ada infus maka hal ini mungkin tidak akan terjadi" Pikir Mr. Harima. Hal ini mengingatkan Mr. Harima sebuah peristiwa seorang dokter yang meminum cairan infus untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah melaksanakan operasi berjam-jam. maka Mr. Harima berinisiatif untuk membuat infus menjadi minuman.

        "Kreatifitas itu bisa hadir dimana saja, dalam tempat dan waktu yang tidak bisa ditentukan, bahkan dalam kondisi terburuk pun ada hikmah yang bisa diambil. Mencoba melihat sesuatu (cairan infus) berdasarkan pengalaman, dari sudut panjang yang berbeda (minuman)."


Pertimbangan lainnya adalah saat itu Otsuka Pharmaceutical juga menjadi penguasa peringkat pertama untuk penjualan cairan infus dipasar domestik (Jepang)








Tapi ide dari Mr. Harima saat itu ditolak oleh Presdir dengan mempertimbangkan bahwa saat ini pengembangan untuk produk itu belum tepat.






        "Tidak semua ide yang bagus bisa diimplementasikan secara langsung, butuh riset dan pertimbangan yang seksama. Ide yang "bagus" akan menjadi "LEBIH bagus" jika dipikirkan dengan seksama sebelum direalisasikan, berpikirlah untuk "masa depan" dan bukan untuk "masa sekarang" saja (keharusan membuat produk baru)."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget